5 Teknik Menciptakan Karya Tiga Dimensi

Soal seni budaya kelas 10 terkadang membuat siswa merasa pusing. Pasalnya materi terkait kerajinan banyak sekali, sehingga harus dipelajari secara mendetail. Karya seni banyak pilihan macamnya, mulai dari 2 dimensi hingga 3 dimensi. Masing-masing memiliki teknik pembuatan yang berbeda. Sekarang ini akan kami tuliskan tentang 5 teknik yang dapat diterapkan dalam pembuatan karya 3 dimensi.

Teknik Berbeda dari Pembuatan Karya 3 Dimensi

Teknik membuat karya 3 dimensi sering kali muncul dalam soal seni budaya kelas 10. Namun karena saking banyaknya teknik yang digunakan, siswa jadi bingung dan kesulitan dalam menghapal. Untuk itu kami memiliki beberapa teknik yang sangat sering diterapkan para seniman. Beberapa teknik ini pun sering kali ditanyakan dalam soal pilihan ganda maupun soal essay.

Teknik pertama, aplikasi. Teknik aplikasi ini menggunakan sehelai kain, gunting dan alat jahit. Jadi di sini Anda harus menggunting sehelai kain dan bentuklah seperti boneka, bintang, bunga, atau yang lainnya. Jika sudah maka tempelkan lah di sebuah pakaian maupun kain penutup. Sehingga hasilnya akan lebih cantik menarik.

Teknik kedua, merakit. Teknik merakit ini dilakukan dengan cara menyambungkan beberapa bahan menjadi satu kesatuan. Sehingga hasil akhirnya akan bernilai guna dan memiliki kecantikan ketika dipandang. Salah satu benda yang dapat dihasilkan melalui teknik perakitan adalah tas. Anda dapat memanfaatkan beberapa helai kain dan dibentuk sebuah tas, sehingga tas tersebut dapat digunakan.

Teknik ketiga, pahat. Untuk teknik yang ketiga selalu digunakan ketika akan membuat karya berupa patung. Dengan memahat maka Anda dapat membentuk sebuah relief dan memperlihatkan keindahannya. Teknik keempat, cor atau cetak. Teknik cetak ini sangat mudah dilakukan karena sudah ada tempat untuk mencetaknya.

Bahan yang sering dicetak adalah semen dan juga gipsum. Semen dan gipsum yang dicetak biasanya untuk patung. Dengan begitu Anda dapat memperoleh bentuk sesuai keinginan dari hasil cetak tersebut. Teknik kelima, menyimpul. Ini teknik merangkai sebuah benang, sehingga menghasilkan rumbai. Itulah tadi 5 teknik yang paling sering muncul dalam soal seni budaya kelas 10.

Related posts: