Anak Sebagai Harapan Orang Tua Dan Bangsa

Artikel kali ini akan membahas mengenai menjaga kesehatan tulang sejak usia dini bahkan bayi. Bayi dan balita merupakan masa keemasan yang menjadi salah satu masa yang dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan pada usia ke depannya. Nutrisi yang baik dan seimbang sangat diperlukan sebagai bekal asupan zat pembangun.

Anak Kuat Menuju Indonesia Hebat

Masa awal kelahiran merupakan momen yang paling ditunggu oleh orang tua bayi serta keluarga besarnya. Kolostrum atau ASI yang pertama kali keluar merupakan salah satu zat gizi yang kaya akan kandungan zat gizi serta dipercaya dapat membuat bayi lebih tahan bila terkena suatu penyakit. Apabila nutrisi yang diberikan kepada anak tidak memenuhi kebutuhannya dalam sehari maka dapat terjadi gizi kurang.

Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesehatan balita dengan cara konsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Anak merupakan salah satu bentuk investasi guna meneruskan perjuangan dari orang tua maupun orang-orang terdahulu. Bayi yang baru lahir akan memiliki kekebalan tubuh yang belum terlalu kuat, padahal faktor risiko penyakit semakin banyak mengintai kehidupan bayi yang baru lahir.

Hal ini yang menyebabkan perlunya proteksi khusus untuk melindungi kesehatan anak bayi dan balita. Tulang merupakan salah satu komponen tubuh yang berfungsi untuk membentuk tubuh, melekatnya daging dan organ tubuh, menjadi komponen penting saat berdiri, dan sebagainya. Tulang juga menjadi salah satu komponen penting dalam masa pertumbuhan bayi dan balita.

Oleh karena itu, penting adanya tulang bayi dan balita memiliki massa dan volume yang sesuai dengan usianya. Tak sedikit penyakit yang dapat menyerang tulang, sehingga Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini agar tulang anak Anda selalu sehat.

  • Rutin Meminum Susu

Susu terutama ASI sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang anak bayi dan balita. Susu mengandung banyak kalsium yang menjadi komponen penting dalam tulang. Rutin meminum susu minimal dua kali sehari dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium seorang anak.

  • Lengkapi dengan Vitamin D

Selain kalsium, tulang juga terdiri dari vitamin D yang membantu memperkuat tulang. Oleh karena itu konsumsi vitamin D dari buah dan sayur dapat menjadi salah satu hal yang dapat membuat pertumbuhan anak semakin maksimal.

Related posts: