Apa Itu Bisnis Online ? Cari Tahu Disini

Banyak orang mengira berbisnis sering kali membutuhkan modal yang besar, dan memerlukan tempat sebagai tempat penjualan. Namun, di era modern ini, hal itu tak lagi menjadi masalah bagi setiap orang, dengan hadirnya internet dan teknologi komunikasi, bisnis tidak perlu lagi berbentuk fisik, namun bisa secara online, atau sering disebut bisnis online.

Bisnis secara digital ini sendiri merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia bisnis yang memanfaatkan internet sebagai kegiatan promosi serta memajang barang atau produk. Tak lagi perlu biaya yang besar dalam kegiatannya, hanya perlu handphone atau laptop yang telah terkoneksi oleh internet, dan bisnis pun dapat berjalan.

Kegiatan bisnis melalui digital ini dinilai cukup efektif dan efisien, karena market pasar yang bersifat global serta kemudahan berbisnis yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja dengan hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet.

Mengapa Bisnis Online ?

Sebenarnya banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan berbisnis secara online ini, beberapa diantaranya adalah :

  1. Market yang cukup luas, dengan semakin luasnya perkembangan internet bahkan telah berkembang secara global, membuat pasar dalam bisnis online ini tidak hanya memiliki scope yang kecil, namun sangat luas. Transaksi dapat dilakukan antar kota, antar provinsi, bahkan antar negara. Masyarakat yang dituju bukan hanya kaum atas, bahkan bisa kaum menengah atau kaum bawah. Hal ini karena internet yang sifatnya universal, sehingga dapat mencangkup semua kalangan.
  2. Bersifat fleksibel, berbisnis secara online tidak mengenal waktu ataupun tempat. Para pelapak atau penjual barang maupun jasa dapat memasarkan produk atau jasanya di rumah, di kantor, maupun di kedai kopi. Lebih lanjut, usaha pemasaran secara online dapat berlangsung secara terus menerus tidak terbatas waktu kerja, karena pelaku usaha bisnis online ini mempunyai kebebasan sendiri dalam melakukan pemasaran dan penjualan. Dan pembeli pun dapat melakukan pembelian barang sewaktu – waktu tanpa adanya jam khusus seperti kebanyakan pada toko – toko biasa.

Demikian beberapa penjelasan dan alasan berbisnis online yang dapat dijadikan pertimbangan Anda dalam memulai bisnis. Selamat mencoba.

Related posts: