Bagaimana Cara Menyimpan Ayam?

ayam frozen

Apakah Anda tipe orang yang lebih memilih untuk membeli banyak bahan makanan lalu menyimpannya dalam kulkas? Well, ada banyak orang yang memiliki tipe yang sama dengan Anda. Biasanya, alasan mereka untuk membeli bahan makanan yang lebih banyak karena mereka bisa membumbuinya secara langsung dan menyimpan sisanya di dalam kulkas, dan juga tinggal dimasak jika ingin memakannya. Atau mungkin karena mereka tak punya banyak waktu yang cukup untuk membeli bahan makanan tersebut sehingga mereka lebih memilih untuk membelinya sekaligus. Anda juga harus tahu bahwa ketika Anda menyimpan suatu bahan makanan, Anda harus tahu bagaimana cara menyimpan bahan makanan tersebut yang baik dan yang benar sehingga Anda bisa menyimpannya dalam waktu yang lama. Seperti contohnya ketika Anda suka mengolah ayam karkas, Anda harus tahu dengan pasti bagaimana cara menyimpan ayam tersebut yang masih utuh.

Cara Menyimpan Ayam Karkas Yang Masih Utuh

Well, seperti yang kita ketahui, ayam karkas merupakan ayam utuh yang sudah dicabut semua bulunya, sudah dibersihkan jeroannya, dan juga sudah dipotong bagian kepala dan kakinya. Anda pasti tahu dengan pasti berapa besarnya ayam yang masih utuh tersebut. Jika Anda memang ingin menyimpannya secara utuh, Anda bisa menggunakan plastik wrap yang akan membungkus seluruh daging dengan rapat, lalu bisa Anda masukkan ke freezer yang akan tahan lama. Ada hal yang harus Anda ingat ketika ingin menyimpan ayam ke dalam kulkas, entah itu ayam yang masih utuh atau yang sudah di potong-potong, Anda tidak diperbolehkan untuk mencuci ayamnya terlebih dahulu. Mengapa? Hal ini dikarenakan ayam tersebut malah akan terkontaminasi oleh bakteri yang terdapat pada air. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika Anda tidak mencucinya terlebih dahulu.

Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa ayam karkas yang ingin disimpan tersebut telah dibungkus rapat-rapat oleh plastik wrap tersebut. Jangan sampai ada celah sedikit pun jika Anda tidak ingin bahan makanan lain yang terdapat dalam freezer Anda menjadi terkontaminasi oleh bakteri yang ada pada ayam tersebut.

Related posts: