Bahaya Dibalik Dinginnya Kipas Angin

Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang tahun, sehingga suhu udara cenderung hangat bahkan panas. Untuk menghindari suhu udara panas, banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Tak jarang, kipas angin tetap dibiarkan menyala saat mereka tidur. Padahal, penggunaan kipas angin saat tidur sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Pentingnya Mengetahui Bahaya Yang  Ada Dibalik Kipas Angin

Membiarkan kipas angin menyala sepanjang malam dapat menimbulkan banyak efek buruk pada tubuh, diantaranya;

  1. Tubuh akan kekurangan oksigen

Kipas angin yang mengarah tepat ke arah hidung dan mulut akan mengganggu proses pernapasan karena tubuh akan kekurangan oksigen. Apalagi ketika kipas angin dibiarkan menyala semalaman di dalam ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara. Kipas angin hanya akan memutar udara di dalam ruangan tertutup tanpa adanya pembaharuan udara sehingga oksigen di dalam ruangan tersebut tidak berfungsi dengan baik ketika dihirup.

  1. Kulit akan menjadi kering

Masalah kulit kering tidak hanya timbul ketika kulit terkena sengatan sinar matahari, maupun udara dingin di dalam ruangan ber-AC. Namun, masalah kulit kering juga dapat timbul ketika menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama.

  1. Penyakit Bell Palsy

Bell Palsy merupakan penyakit kelumpuhan. Namun, kelumpuhan pada penyakit ini terjadi hanya pada bagan wajah. Wajah menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan karena suhu ruangan yang dingin. Salah satu penyebab suhu ruangan menjadi dingin adalah pemakaian kipas angin dalam waktu yang lama.

  1. Suhu tubuh menurun

Keseimbangan suhu tubuh sangat penting untuk menjaga aktivitas sel imun. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh adalah dengan cara mengeluarkan keringat. Pada saat tidur, tubuh seharusnya mengeluarkan keringat. Namun, penggunaan kipas angin semalaman menyebabkan kulit menjadi kering dan pori-pori kulit mengecil. Akibatnya, tubuh tidak dapat mengeluarkan keringat seperti yang seharusnya.

 

Salah satu cara untuk mendinginkan ruangan adalah menyalakan kipas angin. Namun, kita harus bijak dalam menggunakan kipas angin karena penggunaan kipas angin terlalu lama akan menimbulkan berbagai pada hal negatif pada tubuh.

Related posts: