Begini Cara Perawatan Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang menyokong perekonomian negara. Luas lahan perkebunan kelapa sawit ini bisa menyerap tenaga kerja bagi masyarakat sekitarnya. Selian itu, Indonesia juga memiliki struktur tanah dan iklim yang bagus untuk menanam kelapa sawit. Salah satu perusahaan milik anak bangsa yang bernama Teddy P. Rachmat yaitu Arif Rachmat Triputra Agro Persada. Perusahaan kelapa sawit tersebut memiliki lahan [perkebunan seluas 160.000 hektar. Tentunya perkebunan seluas itu harus dirawat dengan baik agar dapat menghasilkan produk yang berkelanjutan.

Cara Mudah Merawat Tanaman Sawit

Untuk menghasilkan buah yang baik dan berkualitas, tanaman kelapa sawit sebaiknya diberi pupuk untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Berikut ini beberapa cara untuk merawat tanaman kelapa sawit agar menghasilkan produk yang berkualitas.

  • Pemberian pupuk

Walaupun kelapa sawit termasuk jenis pohon yang keras, namun tanaman tetap membutuhkan nutrisi yang cukup agar buahnya berkualitas baik. Pupuk yang diberikan adalah bubuk urea dengan dosis yang telah ditentukan. Pemberian pupuk sebaiknya tidak sembarangan, karena bila terlalu banyak akan memuat tanaman cepat mati dan buah tidak baik. Perusahaan Arif Rachmat Triputra Agro Persada juga menerapkan cara perawatan ini agar pohon sawit berumur panjang. Anda bisa memberi pupuk dua kali dalam setahun pada tanaman kelapa sawit.

Selain pupuk urea, ada beberapa jenis pupuk lainnya yaitu pupuk KCI, pupuk Kiserit, Borax dan pupuk SP-36. Pemberian pupuk harus dijadwal dan dengan dosis yang tepat.

  • Penyiangan

Lakukan penyiangan untuk mengendalikan gulma dan hama. Tujuannya agar tanaman kelapa sawit dapat tumbuh dengan baik dan mendapat asupan nutrisi yang cukup sehingga menghasilkan buah yang banyak. Pemberantasan hama dilakukan pada sekujur tubuh tanaman yaitu mulai dari daun, pelepah, batang, akar, bunga dan buahnya.

  • Prosedur panen yang baik

Panen tidak asal mengambil buahnya, namun juga harus dengan tata cara yang baik agar pohon dapat tumbuh lebih lama. Selain itu, bila tidak dilakukan panen dengan baik, pohon sawit juga menghasilkan buah yang kurang untuk panen selanjutnya.

Arif Rachmat Triputra Agro Persada adalah perusahaan besar yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk membangun perkebunan sawit yang potensial.

Related posts: