Cacar Air, Gejala Yang Biasa Terjadi Pada Anak

Gejala cacar air pada anak merupakan penyakit yang menular. Cacar air biasanya terjangkit pada anak dengan usia sebelum mencapai 10 tahun, tetapi seringkali juga penyakit cacar air ini menimbulkan gangguan kepada ibu yang hamil, orang dewasa, remaja, bayi baru lahir dan orang dengan imun yang tidak tahan. Penyakit atau gejala cacar air sebenarnya bukan merupakan kondisi yang terlalu kritis. Akan tetapi jika anak kita terkena gejala cacar air, kita harus mengkarantina anak kita di dalam rumah agar mencegah penularan virus gejala cacar air kepada orang lainnya.

Apa Saja Cici-Ciri Anak Kita Terkena Cacar Air?

Ada gejala dan ciri-ciri gejala cacar air pada anak yang wajib kita perhatikan.

  1. Terdapat bentol merah kecil, makin lama bentol akan menebal lalu akan mulai berisi cairan
  2. Saat satu sampai dua hari, bintil mulai mengering, lalu mengelupas, dan selanjutnya akan bertekstur koreng
  3. Cacar yang baru akan berkumpul pada 4 sampai 5 hari.
  4. Ukuran diameter dari bintil kurang atau sama dengan 0,5 milimeter
  5. Biasanya terdapat ruam merah muncul di daerah punggung dan sekitar kepala, lalu akan tersebar pada seluruh tubuh jika sudah satu atau dua hari
  6. Gejala yang umum dirasakan anak yang terkena cacar air yaitu merasakan demam. Makin banyak titik cacar air muncul, maka akan semakin anak merasa demam atau makin tinggi demam tersebut. Tentunya pada saat gejala cacar air, anak Anda tidak merasakan demam. Jadi tidak heran jika saat baru muncul titik bintil cacar air, anak kita biasa-biasa saja.
  7. Ruam merah juga biasanya muncul pada kelopak mata anak, mulut, dan juga alat kelamin

Gejala cacar air ini tentunya mengganggu hampir seluruh penampilan anak kita. Kita sebagai orang tua harus selalu meyakinkan kepada anak kita kalau luka cacar air hanya sementara saja juga lambat laun akan menghilang dengan cepat. Gejala cacar air pada anak ini normalnya hanya terjadi sekali, lalu anak-anak akan mengupgrade tubuhnya dengan imun yang kebal terhadap cacar yang tentunya akan berlaku seumur hidup anak tersebut.

Related posts: