Camilan Sehat Perangsang Otak

Memberi MPASI memang tidak semudah dibayangkan. Terkadang sang anak tidak ingin menelan makanan yang telah diberikan. padahal angka kebutuhan nutrisi bayi jauh lebih tinggi dibandingkan usia dewasa. Baca selengkapnya hal penting pemberian MPASI.

Camilan sehat untuk bayi

Pada masa ini, anak mempunyai angka kebutuhan gizi yang tinggi. Makanan yang dikonsumsinya pun harus diperhatikan, tidak hanya sekedar membuat anak kenyang. Namun gizi yang diserap pun harus seimbang.

Salah satu cara untuk menyiasati anak yang tidak mau makan atau susah makan adalah memberikan camilan pendamping yang bisa ia konsumsi juga merangsang pertumbuhan gigi, di antaranya adalah:

  • Kentang rebus

Tekstur kentang rebus yang lembut aman bagi bayi agar tidak tersedak. Selain itu, kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

  • Wortel rebus

Sama halnya dengan kentang rebus, wortel rebus memiliki tekstur agak keras namun lembut. Berikan wortel rebus untuk camilan anak. Kandungan vitamin A pada wortel sangat bagus untuk kesehatan mata anak.

  • Semangka

Pilihlah buah semangka tanpa biji untuk menghindari anak tersedak. Rasa semangka yang segar dan manis sangat disukai anak. Selain itu, kandungan vitamin dan air dalam semangka bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Kenalkanlah anak dengan buah-buahan seperti ini.

  • Melon

Selain semangka, ada buah lainnya yang bisa Anda berikan pada anak. Ya, buah melon bisa menjadi camilan pendamping anak. Rasanya yang manis dan segar tentu disukai anak-anak. Selain itu teksturnya yang padat bisa merangsang pertumbuhan gigi pada anak.

  • Jus sari buah

Selain camilan buah dan sayur, ada kalanya anak diberi jus buah yang telah disaring sehingga dapat sarinya. Buah-buahan kaya akan vitamin dan zat nutrisi lainnya yang bagus bagi perkembangan anak.

Saat Anda memberi camilan pendamping ini, Anda tetap harus memperhatikan anak ketika mengkonsumsi camilan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana tekstur yang tepat untuk memberikan camilan ini. Baca selengkapnya di sini.

Jadi, pemberian camilan pendamping ini bisa dilakukan sekitar 1 jam sebelum waktu makan tiba. Agar anak tidak merasa lapar dan memiliki cadangan nutrisi. Selain itu, camilan ini bisa merangsang pertumbuhan gigi dan syaraf motorik anak, klik di sini untuk baca selengkapnya.

Related posts: