Cara Budidaya Ikan

Anda ingin budi daya ikan namun Anda terhalang oleh lahan? Nah, simak artikel yang satu ini. Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda cara bagaimana untuk membudidayakan ikan dengan menggunakan terpal. Kolam terpal memang bukan hanya praktis, namun juga dapat mengurangi biaya karena Anda tidak perlu membuat kolam. Terpal pun harganya juga murah, bukan?

Anda bisa membudidayakan ikan air tawar di kolam terpal contohnya ikan lele, ikan mas, ikan gabus, ikan gurame, ikan nila, dan lain-lain. Caranya pun juga sama saja dengan cara budidaya pada umumnya. Yang penting Anda tetap telaten dan ulet dalam membudidayakan ikan-ikan tersebut karena pasti akan berpengaruh pada hasil panennya.

Cara Budidaya Ikan Dengan Terpal

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti jika ingin budi daya ikan di kolam terpal. Langkah-langkah ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar.

  1. Mempersiapkan alat

Alat-alat yang digunakan untuk membuat kolam terpal antara lain adalah terpal dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahan-bahan untuk dinding serta dasar kolamnya adalah bambu, besi, dan juga tanah.

  1. Kedalaman kolam

Perhatikan pula ke dalam kolam yang ingin Anda buat karena akan berpengaruh pada proses pembudidayaan ikan nantinya. Sebaiknya ketahui dulu ikan yang ingin Anda budidaya sehingga Anda tahu kolam yang ideal luasnya berapa dan tingkat kedalamannya berapa. Hal ini agar pada saat benih ikan disebar, maka dapat hidup di kolam dengan baik karena kepadatannya pas.

  1. Persiapan kolam

Siapkan kolamnya dengan menggunakan bambu atau besi sebagai tempat untuk menahan kolam terpal. Buatlah sedemikian rupa agar kolam terpalnya tidak roboh. Pastikan terpal terikat di bambu dengan kuat. Jangan lupa untuk mempertimbangkan apakah kolam terpal tersebut baiknya terkena sinar matahari atau tidak. Karena itulah pahami terlebih dahulu jenis ikan yang ingin Anda budidaya.

  1. Menyebarkan bibit ikan

Saat kolam sudah siap, maka saatnya untuk menyebarkan bibit ikan. Anda bisa membeli bibit ikan di pasar. Carilah bibit ikan yang unggul agar proses budi daya ikan Anda menjadi lancar dan bisa panen banyak. Selamat mencoba.

Related posts: