Cara Membuat Tempat Pensil Dari Limbah Sedotan

Pada masa kini, penumpukan jumlah limbah sedotan yang semakin meningkat pesat menjadikan hal itu menjadi sebuah masalah yang serius. Maka kali ini kita akan membahas cara membuat kerajinan tangan dari sedotan, salah satunya yaitu tempat pensil. Hal ini tentunya adalah upaya kecil kita mengurangi jumlah limbah sedotan plastik yang kini makin menumpuk, yaitu mendaur ulang limbah sedotan plastik menjadi kerajinan tangan berupa tempat pensil yang mempunyai nilai ekonomi dan estetika.

Langkah – Langkah Membuat Tempat Pensil Dari Limbah Sedotan

Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan dari sedotan berbentuk tempat pensil ;

  • Kumpulkan botol – botol air mineral bekas dan sedotan plastik. Kemudian dicuci hingga bersih untuk menghilangkan bakteri yang menempel di botol dan sedotan bekas tersebut. Setelah itu jemur hingga benar – benar kering. Hal ini tentu bertujuan untuk menghindarkan tubuh kita agar tidak terkena penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri tersebut.
  • Botol air mineral yang telah dikeringkan kemudian dipotong kira- kira seperempat botol tersebut. Kemudian potong- potong juga limbah sedotan plastik yang telah dicuci dan dikeringkan tersebut mengikuti ukuran botol air mineral tersebut dan kemudian diruncingkan di salah satu ujungnya.
  • Langkah selanjutnya yaitu cat bagian dalam botol air mineral yang sudah dipotong itu dengan warna yang kamu sukai dan bervariasi. Hal ini tentu bertujuan agar hasil kerajinan tanganmu mempunyai nilai estetika yang baik.
  • Lalu sambung semua sedotan yang telah digunting tadi dengan membentuk huruf www dengan menggunakan lem agar sedotan merekat lebih erat dan tidak mudah copot. Lalu pinggiran sedotan itu diberi suatu ornamen yang unik.
  • Tahapan terakhir adalah dengan menyelimutkan sedotan yang telah disambungkan tadi ke botol yang telah diwarnai tadi. Dan jadilah tempat pensil dari bahan limbah sedotan dan botol air mineral.

Itulah merupakan cara membuat kerajinan tangan dari sedotan dengan bentuk tempat pensil. Tentunya kerajinan ini akan sangat berguna untuk menyimpan alat – alat tulis dan bisa mengurangi limbah sedotan plastik yang ada di lingkungan kita.

Related posts: