Cara Menangani Asma

tips kesehatanPenyakit asma merupakan sebuah penyakit yang menyerang saluran pernafasan, seseorang yang memiliki penyakit ini cenderung akan susah untuk bernafas apabila kambuh. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penyakit asma ini seperti akibat melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, bahkan olah raga yang berlebihan dan tidak mampunya mereka untuk mengatur napas juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma ini, seringnya mengkonsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma, ada juga beberapa makanan yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit asma seperti makanan junk food atau makanan siap saji, udang, minum-minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Jika seseorang yang mengalami penyakit asma ini kambuh dan tidak ditolong, maka akan membahayakan seseorang tersebut bahkan bisa menyebabkan kematian.

Pertolongan Pertama Pada Penderita Penyakit Asma

Jika ada seseorang yang sedang mengalami asma, maka Anda harus segera melakukan pertolongan pertama pada seseorang tersebut agar tidak semakin parah dan juga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, beberapa cara pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk seseorang yang terkena asma yaitu:

  1. Mengatur posisi seseorang tersebut. Usahakan mengatur posisi seseorang tersebut dengan posisi dadanya lebih tinggi dari perutnya, Anda bisa menambahkan bantal yang diletakkan di punggungnya, kemudian bukalah pakaiannya jangan sampai membuat dada semakin sesak.
  2. Membantu untuk menggunakan inhaler. Inhaler ini merupakan obat bagi penderita asma yang bisa digunakan dimana saja dan juga kapan saja apabila seseorang tersebut akan kambuh penyakit asmanya.
  3. Usahakan untuk menenangkan seseorang tersebut agar tidak panik dan tetap mengatur napasnya dengan baik agar tidak sampai kehilangan kesadaran.

Jadi, itulah beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama pada seseorang yang menderita penyakit asma. Usahakan untuk mengenali apa penyebab dari penyakit tersebut, dan juga tanyakan hal apa sajakah yang membuat penyakit asma tersebut akan kumat, usahakan untuk tidak membuat seseorang yang memiliki penyakit asma ini kaget, kemudian kelelahan, dan nasihatilah untuk selalu istirahat yang rutin dan makan makanan yang menyehatkan.

Related posts: