Cara Mengatasi Gejala Hipoglikemia

tips kesehatanHipoglikemia adalah penyakit yang terjadi yang disebabkan kurangnya kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini merupakan penyakit yang bertolak belakang dengan penyakit diabetes. Penyebab penyakit ini bisa bermacam-macam bisa karena tidak makan, berolahraga berlebihan, makan yang sedikit, dan umumnya disebabkan karena seringnya penyuntikan insulin pada penderita diabetes. Terlalu banyak penambahan insulin justru membuat tubuh Anda kekurangan kadar gula darah. Bahkan dapat disebabkan dari efek samping penggunaan obat diabetes. Tanda – tanda yang terjadi pada orang yang mengalami hipoglikemia adalah mulai dari penglihatan kabur, sering pusing, penurunan kesadaran, rasa lelah, kulit pucat, gugup tiba-tiba, mood yang mendadak berubah, dan rasa lapar.

Jika Anda menemukan gejala yang sudah disebutkan, Anda bisa mengatasinya dengan tindakan sederhana yang bisa membantu menambah kadar gula darah Anda naik pada saat itu. Ketika Anda menemukan gejala tersebut, cobalah mulai dengan cara ini. Pertama makan 15 gram yang mengandung karbohidrat, entah berasal dari setengah cangkir jus manis, satu sendok makan madu, dan 1 cangkir teh manis. Kemudian tunggulah hingga 15 menit dan periksalah gula darahnya. Jika gula darahnya belum mengalami peningkatan maka tambahkan lagi asupan karbohidrat tersebut dan tunggu 15 menit lagi sampai kadar gula darahnya menjadi normal. Asupan makanan yang manis – manis dapat membuat kadar gula darah Anda meningkat.

Gejala hipoglikemia dapat dialami oleh siapa pun dan pada umur berapa pun, karena penyakit ini sangat umum sekali di derita masyarakat sekarang. Hipoglikemia yang sudah diidap atau dirasakan bisa dikurangi dengan selalu memakan atau memberi tubuh Anda dengan asupan yang manis-manis. Biasanya dianjurkan untuk meminum air kelapa muda atau teh manis. Tapi perlu diingat pula, mengonsumsi manis yang berlebihan akan menyebabkan Anda diabetes, sehingga Anda dianjurkan untuk memeriksa kadar gula dalam darah Anda secara rutin agar tahu perkembangannya. Untuk penanganan bagi yang sudah pingsan (tidur tidak sadar) Anda memang harus membawanya ke rumah sakit agar mendapat tindakan lebih lanjut oleh pihak medis.

Related posts: