Cara Sesuaikan Alat Pemadam Dengan Tipe Kebakaran

Kebakaran sudah sering terjadi di berbagai macam daerah dan juga tempat. Bahkan kebakaran pun telah dibedakan menjadi 5 tipe, mulai dari tipe A, tipe B, tipe C, tipe D dan juga tipe F. Masing-masing tipe kebakaran tersebut harus disesuaikan dengan alat pemadam kebakaran yang paling tepat. Sehingga ketika terjadi hal buruk, api bisa dipadamkan dengan lebih cepat. Dalam artikel hari ini, akan disebutkan tentang beberapa macam tipe kebakaran yang cukup sering terjadi. Selain itu, setiap tipe kebakaran yang kami sebutkan pun akan ada rekomendasian tentang alat pemadam yang paling tepat untuk digunakan.

Beberapa Tipe Kebakaran Serta Alat Pemadam Kebakaran

Sebelum kami memberitahukan alat pemadam kebakaran yang harus disediakan dalam sebuah ruangan, Anda perlu mengetahui dahulu apa saja tipe-tipe kebakaran yang sekarang ini cukup sering terjadi.

  • Tipe A. ini merupakan kebakaran yang pastinya sering dilihat oleh Anda di berita TV. Kebakaran ini terjadi karena api membakar kayu, kemudian plastik ataupun kertas. Alat pemadam yang harus dipilih itu harus mengandung monoamonium fosfat. Dengan begitu alat pemadam bisa segera memadamkan api dengan cepat.
  • Tipe B. Kebakaran tipe ini juga bisa disebut umum. Pasalnya api bisa segera dipadamkan dengan menggunakan alat pemadam biasa. Kebakaran ini dapat terjadi karena adanya bahan kimia yang sifatnya mudah sekali terbakar. Sehingga pemadaman bisa dilakukan dengan air yang dicampurkan dengan natrium bikarbonat dan juga monoamonium fosfat.
  • Tipe C. ini merupakan kebakaran yang terbilang cukup ringan. Pasalnya kebakaran ini akan terjadi karena arus listrik. Sehingga bisa diatasi menggunakan alat pemadam yang mengandung bahan kimia monoamonium dan bikarbonat.
  • Tipe D. kebakaran ini umumnya akan disebabkan karena bahan-bahan metal yang menjadi bubuk. Kemudian untuk memadamkannya Anda bisa menggunakan alat pemadam dengan bahan kimia khusus. Jika ingin lebih jelasnya, bisa langsung menanyakan pada pihak penjual agar tak salah membeli.
  • Tipe F. ini kebakaran karena bahan-bahan dapur. Untuk itu alat pemadam kebakaran yang dibutuhkan tidak terlalu banyak jenis bahan kimianya.

Related posts: