Fungsi Manajemen Bidang Perencanaan

Fungsipedia.comFungsi manajemen memang memiliki peran yang sangat penting bagi keberhasilan sebuah pekerjaan ataupun organisasi yang berjalan. Dari beberapa pendapat para ahli atau tokoh yang ada di dalam dunia ekonomi, kita tahu bahwa salah satu fungsi dari manajemen yang paling penting dan awal di lakukan adalah sebuah perencanaan. Perencanaan adalah sebuah seleksi dari beberapa fakta yang ada serta adanya usaha untuk menghubungkan antara beberapa fakta yang ada untuk kemudian di jadikan sebuah acuan untuk membuat perkiraan atau prediksi tentang sebuah keadaan sehingga kita bisa menentukan langkah strategis untuk membuat sebuah keberhasilan yang nyata.

Fungsi Manajemen Bidang Perencanaan Yang Memiliki Peran Penting

Seperti yang kita tahu, membuat sebuah perencanaan atau planing memang menjadi salah satu fungsi manajemen yang paling penting keberadaannya. Dengan membuat sebuah perencanaan maka kita bisa tahu kegiatan dan langkah apa saja yang harus kita lakukan sesuai dengan urutan sehingga bisa menghasilkan sebuah keberhasilan sesuai yang di harapkan. Dan dengan perencanaan kita juga bisa menentukan langkah atau kegiatan kita sesuai dengan waktu yang ada.

Perencanaan di bedakan ke dalam 3 jenis, berikut sedikit penjelasan mengenai hal tersebut.

  • Jangka pendek

Sebuah perencanaan yang di buat dengan waktu yang pendek di sebut perencanaan jangka pendek. Dengan jangka waktu kurang lebih sekitar kurang dari 1 tahun meliputi perencanaan strategi seperti proses pemilihan tujuan organisasi, kebijakan dan program yang di perlukan sekaligus menentukan strategi khusus.

  • Jangka menengah

Perencanaan jangka menengah memiliki durasi waktu sekitar 1 tahun. Adapun perencanaan yang di lakukan dengan jangka waktu 1 tahun adalah jenis perencanaan laba atau keuntungan yang tentunya bisa dihitung dengan mudah jika sudah melewati 1 tahun.

  • Jangka panjang

Dengan jangka waktu kurang lebih selama 5 tahun lamanya, Anda bisa membuat sebuah perencanaan tentang produk, permodalan, personil ataupun teknik yang akan di gunakan dalam sebuah manajemen kegiatan atau organisasi yang sedang Anda jalankan. Demikian sedikit ulasan tentang fungsi manajemen perencanaan yang selengkapnya bisa Anda baca di fungsipedia.com.

Related posts: