Hindari Risiko Nyeri Punggung Dengan Melakukan Hal Berikut

Nyeri punggung merupakan sebuah masalah bagi sebagian orang. Biasanya, masalah ini akan paling sering terjadi pada pria berusia sekitar 30 hingga 45 tahun. Namun belakangan ini, nyeri punggung dapat menyerang siapa pun khususnya bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan untuk terlalu lama duduk dan tidak bergerak. Adapun beberapa penyebab dari nyeri punggung seperti adanya saraf tulang belakang yang tertekan, berubahnya bentuk cakar pada setiap ruas, dan juga peregangan otot. Untuk menghindari penyebab-penyebab dari nyeri punggung ini, Anda bisa melakukan beberapa hal lainnya untuk terhindar dari jenis nyeri ini.

Tips Menjaga Agar Punggung Terhindar Dari Rasa Nyeri

Adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan punggung. Mulai dari menentukan jam istirahat terbaik untuk punggung Anda hingga melakukan beberapa gerakan yang tidak membuat punggung Anda tegang dan menyebabkan nyeri. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan agar terhindar dari rasa nyeri:

  1. Perhatikan Sikap Tubuh yang Baik dan Benar

Untuk menghindari adanya kesalahan pada bagian punggung, maka Anda harus memperhatikan postur tubuh. Cobalah untuk berdiri rapat dengan dinding atau duduk pada sebuah kursi. Setelah itu, pastikan bahwa pantat dan bahu Anda menyentuh dengan sandaran kursi atau dinding. Selanjutnya, selipkan lengan Anda pada ruang antara punggung bawah dan dinding. Jika tangan tidak bersentuhan baik dengan sandaran kursi ataupun dinding, maka cobalah untuk mengangkat pinggang Anda. dengan demikian, tidak ada ruang di antara keduanya. Bertahanlah pada posisi ini selama 20 detik seraya memandang ke hadapan cermin agar mengetahui sikap tubuh yang Anda miliki. Dengan latihan yang sederhana ini akan membuat Postur tubuh Anda membaik dan jauh dari rasa nyeri.

 

  1. Lakukan Peregangan Rutin di Pagi Hari

Untuk lebih memperkuat sendi dan menghindari kram pada otot, maka Anda bisa melakukan peregangan secara rutin di setiap paginya. Bahkan Anda bisa memulai peregangan saat masih berada di atas tempat tidur. Saat ingin bangun tidur, pastikan Anda meregangkan seluruh bagian tubuh secara perlahan.

Related posts: