Kalender Jawa Dan Artinya

kalender jawaDi Indonesia ini terdapat banyak sekali jenis-jenis kalender yang digunakan banyak orang mungkin sebagai salah satu patokan mereka seperti adanya kalender Cina, bagi orang berketurunan Cina tentu saja akan menggunakan kalender ini untuk patokan seperti menentukan hari baik mereka, mengetahui hari-hari penting mereka, dan lainnya. Selain adanya kalender Cina, ada juga kalender Islam yang juga digunakan oleh banyak orang untuk melihat hari-hari besar dalam Islam, dan lain sebagainya. Ada juga kalender yang masih digunakan oleh banyak orang terutama bagi orang Jawa baik itu Islam, Cina, dan lainnya. Kalender tersebut adalah kalender Jawa. Kalender ini merupakan sistem penanggalan yang diberikan oleh Kesultanan Mataram yang memiliki beberapa nama baik dari tanggal, bulan, tahun, dan lainnya.

Penamaan Dalam Kalender Jawa

Ada beberapa penamaan di dalam kalender Jawa ini yang digunakan selama ini diantaranya yaitu daftar bulan Jawa, kemudian siklus windu, pembagian pekan atau setiap minggunya, dan lain sebagainya. Ada beberapa sistem dalam kalender ini yang digunakan oleh beberapa orang untuk mengetahui primbon mereka. Misalkan ada orang yang mengatakan bahwa hari baik di dalam kalender ini adalah Jumat maka orang akan melakukan kegiatan yang akan dilakukan di hari Jumat, misalkan melaksanakan akad nikah, melaksanakan pernikahan, melaksanakan panen, dan lain sebagainya. Bahkan menamai nama anak pun banyak yang masih menggunakan sistem dari kalender ini. Perumusan tata penanggalan Jawa yaitu perhitungan hari dengan siklus 5 harian, kemudian perhitungan hari dengan siklus 6 harian, perhitungan hari dengan siklus 7 harian, dan lain sebagainya. Bahkan dalam kalender ini juga memiliki arti nama seseorang berdasarkan hari, tanggal, bulan, dan juga tahunnya.

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa kalender Jawa ini adalah mitos yaitu baik dari primbon maupun ramalan-ramalan penanggalan lainnya. Namun benar atau tidaknya, kembali lagi kepada diri Anda masing-masing. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam mengetahui informasi tentang kalender yang memiliki banyak makna ini mulai dari tanggal, minggu, bulan, dan tahunnya.

Related posts: