Langkah Mudah Menjaga Mata Sehat Anda

Langkah Mudah Menjaga Mata Sehat Anda

Mata adalah salah satu organ tubuh yang amat berharga. Dengan mempunyai mata sehat maka kita bisa melihat keindahan seluruh isi dunia. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus merawat dan menjaga mata sehat kita agar tak terkena beragam penyakit maupun masalah kesehatan seperti presbiopi, miopi ataupun hipermetropi, dan rabun jauh. Lalu apakah ada langkah mudah dalam menjaga mata sehat Anda?

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Beragam permasalahan pada mata mungkin tak asing lagi di telinga Anda seperti misalnya hipermetropi (rabun dekat), miopi (rabun jauh), presbiopi (tak mampu melihat benda dengan jarak dekat ataupun jauh), katarak, dan buta warna yang tak bisa membedakan beragam warna. Beragam penyebab permasalahan pada mata itu bisa Anda alami. Contohnya miopi yang banyak dialami oleh para pelajar dan mereka yang memiliki hobi membaca suatu buku. Agar Anda semakin mengerti langkah menjaga mata sehat dengan mudah, maka berikut langkah-langkahnya.

  1. Perhatikan jarak dalam membaca buku

Usahakan agar Anda membaca buku dengan jarak ideal, kurang lebih berjarak 30 cm dari buku ke arah mata. Ini dapat mencegah penyakit mata miopi (rabun dekat).

  1. Tak membaca sambil tiduran

Usahakan agar Anda tak membaca buku maupun teks apa pun pada posisi sambil tiduran karena dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mata, seperti mengalami miopi.

  1. Pencahayaan yang bagus

Jangan memakai penerangan yang terlalu redup saat membaca ataupun belajar, sebab penerangan yang kurang baik bisa memicu gangguan kesehatan pada mata.

  1. Mengistirahatkan mata

Usahakan agar Anda mengistirahatkan mata saat sudah terlalu lama duduk dan menatap layar monitor komputer atau laptop ketika bekerja atau ketika mengerjakan tugas, karena ini amat penting bagi mata sehat Anda.

  1. Tak mengucek mata

Usahakan tak mengucek mata Anda, sebab mungkin dapat menginfeksi mata dan berdampak buruk bagi kesehatan mata Anda.

  1. Mengedipkan mata

Usahakan untuk sering mengedipkan mata dengan intensitas lebih sering, saat fokus menatap sesuatu dengan waktu lama seperti layar monitor komputer atau laptop.

  1. Nutrisi untuk mata

Penuhi kebutuhan nutrisi untuk mata dengan memakan makanan yang bagus untuk kesehatan mata, seperti wortel yang banyak memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mata sehat Anda.

Related posts: