Langkah Pengobatan Katarak Paling Efektif

Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh manula atau seseorang yang berusia di atas 40 tahun adalah katarak. Oleh karena itu, banyak manula yang melakukan pengobatan katarak. Ya, katarak memang sangat identik sebagai penyakit yang paling banyak diderita oleh para manula. Hal ini disebabkan karena peningkatan jumlah usia menyebabkan jumlah protein di mata menjadi menurun sehingga ketajaman penglihatannya pun ikut menurun. Meskipun banyak dialami oleh orang tua, namun bukan tidak mungkin jika penyakit mata katarak dialami oleh usia muda. Bayi, anak-anak, remaja, dan orang dewasa pun ternyata memiliki risiko yang sama untuk mengalami mata katarak. Lalu, apa yang menjadi sebab timbulnya katarak pada mata?

Berbagai Hal Yang Menjadi Penyebab Mata Katarak

Sebagai salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh masyarakat Indonesia, maka pengobatan katarak pun menjadi semakin gencar untuk dilakukan. Sebelum mengenal bagaimana cara pengobatan penyakit katarak, maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa penyebab mata katarak berikut ini:

  • Paparan sinar UV
  • Penyakit tertentu seperti diabetes mellitus
  • Mengonsumsi obat kortikosteroid dengan dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama
  • Memiliki riwayat penyakit katarak bawaan keluarga
  • Mengonsumsi rokok dan alkohol berlebihan

Langkah Pengobatan Penyakit Katarak

Setelah mengetahui apa saja penyebab penyakit katarak, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara pengobatan penyakit katarak. Untuk kasus katarak yang ringan, penderita mungkin belum merasakan gangguan penglihatan yang berarti. Seiring bertambahnya waktu, maka penyakit katarak yang semula ringan akan terus berkembang sehingga penderita akan semakin membutuhkan penanganan. Nah, satu-satunya langkah pengobatan katarak yang paling efektif adalah dengan jalan operasi. Ya, efek pengobatan dan penyembuhan dari proses operasi memang sangat signifikan. Jalan operasi terutama sangat dianjurkan bagi penderita dengan kondisi katarak yang sudah menghambat aktivitas sehari-hari. Proses operasi katarak dilakukan dengan cara mengangkat lensa yang keruh dan digantikan dengan lensa plastik bening.  Pemulihan pasca operasi biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, hasil pengobatan dengan jalan operasi sangat efektif dan signifikan. Yuk, kunjungi Klinikmatanusantara.com untuk mengetahui informasi lain mengenai pengobatan mata katarak.

Related posts: