Manfaat Minuman Jamu

tips kesehatanMasyarakat Jawa sejak zaman dahulu sudah mengonsumsi jamu sebagai obat mereka ketika mereka sedang mengalami gangguan kesehatan. Jamu ini biasanya terbuat dari berbagai macam bahan berbahan herbal alami yang bermanfaat. Jamu biasanya di sajikan dalam bentuk minuman namun dalam perkembangannya banyak variasi dari jamu itu sendiri yaitu dalam bentuk pil, serbuk ataupun kapsul yang biasanya dapat disimpan dan di konsumsi untuk jangka waktu yang lama. Namun berbeda dengan jamu cair atau yang biasa di kenal dengan istilah jamu gendong yang hanya di konsumsi untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama dan sebaiknya diminum secara langsung.

Khasiat Jamu Untuk Kesehatan

Jamu terbuat dari bahan yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi yang mengonsumsinya. Salah satu jenis jamu yang paling banyak kita temui yaitu Beras Kencur, sesuai dengan namanya jamu yang satu ini terbuat dari bahan dasar berupa beras dan kencur. Manfaat yang bisa di dapatkan ketika mengonsumsi Jamu Beras Kencur ini yaitu dapat meringankan batuk, mengobati perut kembung, untuk menghilangkan gejala pegal linu dan memberikan rasa bugar bagi tubuh. Jamu lainnya yang tidak kalah populer yaitu Kunyit Asam. Jamu ini merupakan campuran dari kunyit dan asam Jawa, manfaat dari jamu ini yaitu membantu memperlancar peredaran darah, dapat membantu melangsingkan tubuh, dapat membantu mengatasi masalah menstruasi dan banyak manfaat lainnya.

Selain itu ada Jamu Temulawak yang terbuat dari tumbuhan temulawak yang tentu saja membawa banyak manfaat bagi tubuh seperti membantu produksi cairan empedu, menyembuhkan sakit kepala, membantu mencegah gejala hepatitis dan manfaat lainnya. dengan manfaat yang luar biasa dari jamu ada baiknya mulai sekarang Anda beralih untuk mengonsumsi jamu sebagai alternatif pilihan obat. Walaupun terbuat dari bahan alami ada baiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan apalagi jika kurang mengonsumsi air putih maka akan mengakibatkan gangguan pada kerja ginjal. Jadi dapat di simpulkan sebaik-baiknya obat adalah yang tidak di konsumsi secara berlebihan.

Related posts: