Mari Mengenal ISO 14001

ISO merupakan organisasi yang mencetuskan standar internasional mengenai beberapa sistem menyangkut perusahaan atau lembaga atau organisasi. Salah satu contohnya adalah ISO 14001 yang mencakup pada standar internasional yang disyaratkan untuk sistem manajemen lingkungan atau sering disingkat SML. Berbeda dengan ISO 45001 yang mengacu pada standar keselamatan dan kesehatan kerja dan ISO 9001 yang mencakup sistem manajemen mutu, fungsi konsultan ISO 14001 juga sedikit berbeda dalam bimbingan dan pelatihan, juga fokus dengan konsultan ISO 45001 dan 9001.

Sistem pengelolaan lingkungan

Sistem manajemen ini diharapkan untuk membantu organisasi atau lembaga atau perusahaan dalam memperbaiki kinerja lingkungan dengan cara menggunakan sumber daya secara efisien juga mengurangi limbah. Dengan harapan selain mendapatkan keuntungan, yang berkepentingan juga menjadi unggul dalam berkompetitif juga dipercaya karena memberdayakan lingkungan dengan efisien.

Lalu, apa itu SML dan kinerja konsultan ISO 14001? Untuk kinerja konsultan, sama halnya dengan konsultan ISO lainnya, hanya saja pedoman dan dasar pelatihan atau bimbingan mengacu pada bagaimana perusahaan mengelola sumber daya secara efisien dengan memperhatikan lingkungannya. Sehingga lingkungan tidak tercemar dengan limbah dan rusak.

Sistem yang cocok untuk organisasi profit atau non-profit

Sistem manajemen lingkungan merupakan standar yang diterapkan dalam pengelolaan lingkungan. ISO 14001 membantu dalam identifikasi, kelola, pemantauan dan pengendalian lingkungan dan hal-hal berhubungan dengan lingkungan perusahaan atau lembaga atau organisasi secara holistik. Standar ini juga menerapkan high level structure yang sama dengan standar lainnya misalnya manajemen mutu atau keselamatan dan kesehatan kerja.

ISO 14001 ini sangat cocok untuk semua jenis organisasi, perusahaan maupun lembaga karena konsentrasi sistem ini menyangkut pada lingkungan. Dengan menstandarkan pengelolaan limbah baik padat, cair maupun udara, diharapkan meminimalisir pencemaran. Dengan pengelolaan yang bagus maka hasil yang dicapai bisa sesuai, yaitu perusahaan yang ramah lingkungan. Selain itu, efisiensi penggunaan sumber daya semakin terarah. Pemanfaatan sumber daya dengan efisiensi yang tepat menghasilkan produk yang maksimal juga.

Maka, tugas seorang konsultan ISO 14001 adalah memberikan pelatihan maupun bimbingan bagaimana mengelola sistem manajemen lingkungan klien dalam pemanfaatan sumber daya yang efisiensi juga analisis terhadap dampak lingkungan. Selain itu dengan adanya konsultan ISO ini akan memberikan jaminan kelulusan dari proses sertifikasi ISO 14001 dan lainnya.

Related posts: