Mengenal Khasiat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dibuat menjadi campuran bahan obat tradisional. Jahe sendiri memiliki banyak  manfaat untuk kesehatan, tak heran jika ia banyak dipilih untuk pengobatan. Jahe mengandung berbagai senyawa yang akan bereaksi baik di lambung dan usus. Jahe juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Saat cuaca dingin orang banyak yang mengonsumsi jahe susu maupun jahe hangat lain.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe banyak dikonsumsi ketika tubuh mengalami masuk angin, mual dan muntah. Jahe mampu mengurangi rasa mual atau ingin muntah yang terjadi pada tubuh ketika tubuh masuk angin. Ada beberapa manfaat lain dari jahe yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jahe.

  1. Jahe untuk Mengurangi Rasa Pusing

Pusing dapat menyebabkan kepala terasa berat. Selain itu pandangan mata pun bisa kabur. Keseimbangan tubuh terganggu, pusing dapat disebabkan karena masuk angin. Meminum jahe hangat saat pusing dapat meredakan rasa nyeri pada kepala. Selain itu ia juga akan membantu penglihatan Anda fokus kembali.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Hal ini hanya dialami oleh wanita. Nyeri haid atau menstruasi menjadi gejala yang sering dialami saat hari-hari awal menstruasi. Dengan meminum jahe hangat rasa nyeri itu dapat diredakan. Konsumsilah jahe secara rutin selama tiga hari awal haid, hal ini dapat mengurangi rasa nyeri sehingga aktivitas Anda pun lebih menyenangkan.

  1. Mengurangi Gangguan Morning Sickness

Saat wanita hamil akan rawan terkena morning sickness. Sebenarnya banyak obat untuk mengurangi rasa sakit ini, tetapi konsumsi obat terlalu berlebihan saat hamil pun tidak baik untuk kesehatan bayi. Jahe bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

  1. Mengurangi Mual Muntah

Saat akan operasi biasanya orang akan mengalami mual dan muntah. Anda dapat mengurangi rasa mual tersebut dengan mengonsumsi jahe sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi jahe. Jahe adalah obat alami dan tidak menimbulkan efek samping.

Related posts: