Menjaga Kesehatan Janin Dengan Menjaga Pola Makan

Mempunyai anak adalah impian semua pasangan suami istri, mereka pasti akan melakukan berbagai cara agar cepat diberikan momongan. Memang masih banyak hal yang harus dilakukan setelah dinyatakan positif hamil, janin yang ada dalam kandungan harus benar-benar dijaga sebaik mungkin. Selain itu sebagai calon orang tua harus mengetahui juga perkembangan janin supaya mengerti sempurna atau tidak kondisi janin.

Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Janin

Kesehatan dan juga perkembangan janin itu bukan saja akan terjaga dari pola hidup yang dilakukan sang ibu, tetapi pola makan dan juga makanan yang dimakan akan mempengaruhi hal tersebut juga. Ibu juga harus memastikan makanan apa yang dikonsumsi karena ini juga akan mempengaruhi kondisi dari janin yang dikandung.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi ini adalah makanan yang tidak mengandung bahan pengawet, karena makanan ini akan menyebabkan janin bisa lahir dalam keadaan cacat. Maka dari itu sebaiknya konsumsi makanan yang ada berikut ini.

  • Sayuran

Jelas sayuran merupakan makanan yang wajib untuk dimakan calon ibu. Sayuran memang mengandung banyak sekali vitamin dan zat yang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Sayuran ini jika dikonsumsi oleh ibu bayi maka janin yang ada dalam kandungan juga akan mendapatkan asupan gizi berikut nutrisi yang didapatkan oleh calon ibu. Sayuran yang cocok untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau dan juga sayuran yang berwarna merah.

  • Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan yang sangat banyak kandungan gizi dan vitaminnya, jadi ini sangat cocok dimakan oleh ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil itu harus makan buah sehari tiga kali, jadi setiap makan harus diselingi dengan makanan penutup yaitu buah. Buah yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah buah yang mengandung asam folat seperti alpukat.

  • Suplemen

Terkadang ada ibu hamil yang sama sekali tidak bisa makan karena mual atau tidak nafsu makan. Jelas ini akan sangat mengganggu perkembangan janin karena kurangnya asupan makanan ke janin. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya ibu hamil harus mengkonsumsi suplemen sebagai sumber nutrisi tambahan.

Related posts: