Nikson, Dari Wartawan Hingga Menjadi Bupati Taput

Menjadi pemimpin di tanah kelahiran sendiri merupakan hal yang sangat membahagiakan. Itulah yang dialami oleh Nikson Nababan selaku Bupati Taput. Sejak muda Dia memiliki talenta dan kemampuan menjadi seorang pemimpin dan hal tersebut mengantarkan dirinya menuju puncak kekuasaan di Tapanuli Utara. Untuk mencapai kesuksesan tersebut tentu tidak bisa diraih begitu saja karena ada banyak sekali rintangan yang sudah dilewatinya.

Perjalanan Karir Nikson Nababan

Setelah menyelesaikan studinya dengan penuh perjuangan, petualangan nya pun berlanjut menuju ibukota, yakni kota Impian seluruh umat di penjuru negeri. Namun siapa sangka bahwa kehidupan di ibukota tidaklah mudah dan tidak seindah yang dibayangkan. Saat itu ia sulit untuk mendapatkan pekerjaan hingga rela menjadi sales dan masuk hingga sudut perkampungan. Meski demikian ia tidak pernah patah semangat dan tetap memiliki prinsip untuk mengejar cita-cita.

Kerja keras dan optimisme dari Nikson Nababan pada akhirnya mampu membuahkan hasil yang manis. Nikson diperkerjakan Sebagai wartawan di salah satu media. Mulai dari sini naluri politik kemudian terus diasah dan sering melakukan komunikasi dengan para elit politik nasional. Dengan demikian Dia sangat menikmati pekerjaannya sebagai wartawan karena mampu mengulik berbagai hal terkait politik. Namun semua berubah ketika terjadi krisis moneter tahun 1998 dengan adanya pengurangan karyawan. Meski demikian dia bergabung dengan media lainnya yang mengulik kehidupan sosial budaya di Batak. Saat itu dia menjadi pimpinan redaksi dan sering melakukan interaksi dengan para politisi.

Dalam hitungan waktu yang sangat singkat, Nikson menjadi sosok yang sangat berpengaruh di Jakarta. Beruntung baginya karena memiliki kakak kandung yang bernama Sukur Nababan dan dia adalah seorang politisi. Kakaknya merupakan anggota DPR fraksi PDIP daerah pilihan Depok dan Bekasi. Mulai dari situlah kemudian dia mulai berkecimpung langsung dalam dunia politik.

Pada Pilkada Tapanuli Utara 2013, Nikson Nababan ikut serta di dalamnya. Untuk memenangkan Pilkada tersebut tidaklah mudah karena harus melewati 2 putaran yang sangat ketat. Pada akhirnya dia dan wakilnya terpilih menjadi pemimpin Kabupaten Taput periode 2014-2019.

Related posts: