Organisasi Yang Ada Di Tengah Masyarakat Daerah

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang memiliki minat, bakat, tujuan, dan kemauan untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan bersama. Organisasi selain sebagai bentuk kesamaan tujuan beberapa orang, juga sebagai wadah atau tempat anggotanya dalam menjalankan misi untuk mewujudkan impian bersama. Ada banyak organisasi yang ada, seperti organisasi sekolah, organisasi politik, organisasi desa, dan organisasi lainnya. Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis organisasi, seperti organisasi yang ada di bawah ini.

Rukun Tangga

Siapa bapak Ketua RT di lingkunganmu? Organisasi yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kita. Rukun Tangga merupakan organisasi desa yang dibentuk oleh masyarakat sekitar guna untuk melayani berbagai kepentingan masyarakat juga. Kepentingan seperti pembuatan KTP, AKTA, dan surat penting lainnya pasti membutuhkan surat pengantar dari RT. Selain itu, dengan adanya organisasi ini, masyarakat di sekitar wilayah tersebut juga lebih teratur.

Rukun Warga

Rukun Warga merupakan gabungan dari beberapa Rukun Tangga yang kemudian bergabung menjadi satu organisasi Rukun Warga atau RW. Pemilihan ketua RW biasanya dilakukan oleh para RT yang ada di kawasan RW tersebut atau perwakilan dari RT. Tugas ketua RT juga tak jauh dari ketua RT hanya saja cakupan wilayahnya lebih luas karena terdiri dari beberapa RT.

Posyandu

Pos Layanan Terpadu atau Posyandu merupakan lembaga kesehatan yang berfokus pada kesehatan bayi dan ibu hamil. Organisasi atau lembaga ini bertanggung jawab pada kesehatan bayi dan ibu di suatu wilayah. Kegiatan rutin yang dilakukan organisasi yang satu ini adalah pemeriksaan kesehatan ibu dan balita, pemberian imunisasi kepada bayi, makanan sehat, penimbangan, konsultasi kesehatan, dan kegiatan lainnya.

Karang Taruna

Karang Taruna merupakan organisasi para pemuda yang berada di suatu kelurahan atau desa. Tujuan dari organisasi yang satu ini adalah untuk mengasah, melatih, dan memberikan pengetahuan kepada para pemuda agar pemuda lebih kreatif dan inovatif. Kegiatan yang sering dilakukan oleh organisasi Karang Taruna biasanya berupa olahraga, kerja bakti, kesenian, bakti sosial, dan lain sebagainya.

Related posts: