Penderita Kista Tak Boleh Makan Produk Makanan Rekayasa

Kista merupakan salah satu jenis penyakit yang saat ini banyak diderita oleh para wanita. Meski begitu kista bukan berarti hanya akan diderita oleh para wanita saja. Karena terbukti banyak laki-laki yang juga mengidap penyakit kista. Nah jika Anda divonis menderita kista biasanya ada beberapa jenis makanan tertentu yang tak boleh dikonsumsi.

Biasanya seorang wanita menderita kista yang berada di salah satu ovarium atau indung telur miliknya. Kista sendiri merupakan kantung yang berisi cairan yang mana bisa terbentuk kapan saja khususnya pada masa pubertas hingga menopause  serta selama masa kehamilan berlangsung. Penyebabnya adalah terganggunya proses metabolisme hormon.

Beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Mengidap Penyakit Kista

Dokter kandungan akan menjelaskan pada penderita kista tentang pengobatan apa yang harus dilakukan hingga apa saja jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi. Kista harus segera diobati, karena jika tidak akan memiliki resiko untuk membesar dan membahayakan kesehatan rahim Anda.

Pasien penderita kista biasanya tak diperbolehkan konsumsi tahu karena tahu merupakan jenis makanan yang belum mengalami fermentasi. Dalam tahu diketahui terbuat dari kedelai yang mana bisa memicu peningkatan hormon estrogen  dalam tubuh yang sementara ini diduga sebagai penyebab berbagai gangguan reproduksi pada wanita.

Sedangkan untuk produk tempe, meski sama terbuat dari bahan kedelai namun tempe sudah mengalami proses fermentasi. Sehingga konsumsi tempe dianggap lebih aman untuk dilakukan khususnya bagi penderita penyakit kista. Meski begitu cara pengolahan tempe juga harus diperhatikan dengan baik agar supaya tak menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya. Diantaranya adalah dengan mengukus atau merebus tempe sehingga bisa dikonsumsi.

Kemudian jenis makanan yang terakhir adalah ayam broiler. Ini termasuk salah satu jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi penderita kista. Hal tersebut dikarenakan ayam broiler merupakan jenis makanan yang direkayasa pertumbuhannya dengan cara menyuntikkan berbagai zat untuk mempercepat pertumbuhan. Dikhawatirkan dengan konsumsi ayam broiler maka zat yang disuntikkan bisa berpindah ke dalam tubuh serta mampu mempercepat pertumbuhan sel kista yang ada dalam indung telur. Demikian penjelasan tentang mengapa penderita kista tak boleh mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu seperti yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Related posts: