Penggunaan Bed Pasien Rumah Sakit

Bed pasien sebenarnya mempunyai fungsi yang tak jauh berbeda dengan tempat tidur pada umumnya yaitu agar si pasien dapat beristirahat dengan nyaman. Namun tempat tidur untuk pasien pasti mempunyai sesuatu yang khusus dan berbeda dari tempat tidur biasa. Tempat tidur untuk pasien ini dapat diatur ketinggiannya. Sehingga pasien dapat menyesuaikan kebutuhannya sehingga istirahat mereka pun semakin nyaman.

Dulunya tempat tidur pasien modelnya biasa saja, tidak istimewa. Tidak ada pula fitur-fitur yang dapat mendukung kenyamanan pasien. Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang tempat tidur untuk pasien pun sudah ada tipenya dan mempunyai fiturnya masing-masing. Ada dua tipe tempat tidur pasien yaitu tempat tidur manual dan tempat tidur elektrik.

Perbedaan Bed Pasien Manual Dan Elektrik

Sesuai dengan namanya, bed pasien manual adalah tempat tidur pasien yang dioperasikan secara manual. Jadi, jika Anda ingin mengatur ketinggian pada bagian kepala, kaki, dan tinggi tempat tidurnya, maka Anda harus menggunakan engkol untuk mengaturnya. Tempat tidur manual ini mempunyai 3 engkol putaran yang bisa Anda sesuaikan dengan mengubah posisinya saja.

Engkol yang pertama bisa Anda gunakan untuk mengatur ketinggian pada bagian kepala. Engkol kedua akan digunakan jika ingin mengubah ketinggian pada bagian kaki pasien. Lalu untuk engkol yang terakhir digunakan pada saat Anda ingin mengatur ketinggian tempat tidur tersebut. Anda hanya cukup memutarkan bagian engkolnya saja untuk mengatur ketinggian.

Sedangkan untuk tempat tidur elektrik merupakan versi canggih dari tempat tidur manual. Untuk mengatur ketinggian kepala, kaki, dan tempat tidur, maka Anda bisa mengaturnya hanya dengan menggunakan remote control saja. Tempat tidur elektrik ini pertama kali hadir pada tahun 1945. Dulu fiturnya masih sederhana, namun sekarang fiturnya sudah semakin lengkap saja.

Dengan menggunakan tempat tidur elektrik inilah maka pasien bisa BAK atau BAB dengan nyaman tanpa menggunakan pispot. Kebanyakan tempat tidur elektrik ini mempunyai 4 tombol pengaturan. Selain posisi ketinggian kepala, kaki, dan tempat tidur, posisi miring pun juga bisa diatur dengan menggunakan bed pasien yang satu ini. Tempat tidur yang satu ini sebaiknya disediakan genset juga agar bisa terus berfungsi.

Related posts: