Perbedaan Format Game PSP: ISO Dan CSO

Perkembangan dunia games sepertinya memang tidak akan pernah berhenti. Terlebih saat ini penggemar games semakin meningkat. Setelah games pernah mengalami kemajuan sangat pesat berkat games PSP yang sempat sangat populer beberapa tahun silam. Saat ini, bahkan games semakin populer dan dimainkan oleh semua kalangan umur, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua. Kehadiran game yang makin variatif dan menyajikan grafik yang sangat luar biasa membuat banyak orang suka bermain games. Apalagi sejak kehadiran smartphone yang telah dilengkapi dengan operation system Android yang memudahkan kita untuk mengunduh banyak aplikasi, termasuk games.

Dua Format Games PSP di Android

Game PSP yang tersedia untuk OS Android memiliki dua format, yaitu format ISO dan CSO. Sebenarnya keduanya adalah sama karena dapat digunakan di emulator PPSSPP. Namun, terdapat beberapa perbedaan dari kedua format game PSP tersebut. Perbedaan tersebut akan dijelaskan pada ulasan singkat di bawah.

  1. Ukuran

Game PSP dengan format ISO dan CSO memiliki perbedaan signifikan dalam hal ukuran kedua file. ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization. Hal tersebut berarti bahwa file games PSP dengan format ISO memiliki ukuran file yang sangat besar karena terdapat berbagai macam file di dalamnya, seperti file gambar, suara, dan lain sebagainya. Sedangkan format CSO memiliki ukuran lebih sedikit karena memang file tersebut telah di kompres sehingga lebih kecil.

  1. Kecepatan loading

Perbedaan selanjutnya terletak pada kecepatan loading ketika game dimainkan. Game PSP dengan format ISO cenderung lebih cepat loading dan cenderung stabil ketika game dimainkan. Sedangkan game PSP dengan format CSO akan membutuhkan waktu lebih lama ketika loading dan kadang terjadi hang atau terdapat bug yang mengganggu.

  1. Kapasitas penyimpanan

Seperti yang sudah dijelaskan pada point pertama, file game PSP dengan format ISO memiliki ukuran file yang sangat besar. Hal ini berarti file dengan formatĀ  ISO membutuhkan ruang penyimpanan yang sangat besar. Sedangkan format CSO membutuhkan sedikit ruang penyimpanan karena file sudah di extract. Situs Idcrack.com menyediakan link download game PSP dengan format ISO maupun CSO.

Related posts: