Perjuangan Nikson Nababan Hingga Menjadi Bupati

Menjadi orang nomor satu di tanah kelahirannya sendiri agaknya tidak pernah terbayang oleh seorang Nikson Nababan. Beliau berhasil terpilih menjadi Bupati Tapanuli Utara di Sumatera Utara dan menjadi orang yang paling disegani disana. Sejak muda bakat kepemimpinan tersebut mungkin sudah ia miliki, sehingga bisa mengantarkan kesuksesan menjadi Bupati Tapanuli Utara hingga saat ini.

Masa Kecil Nikson Nababan

Nikson dilahirkan dan tinggal di Siborongborong dekat Tarutung, tepatnya di Ibukota Tapanuli Utara. Ia dibesarkan oleh ayah dan ibu yang merupakan seorang guru, kedisiplinan serta kepemimpinannya diajarkan oleh kedua orang tua. Namun, bukan berarti ia tidak mengalami masa sulit di Tanah Batak ini. kala itu, Tanah Batak masih dipenuhi dengan profesi sebagai seorang petani serta Kabupaten Tobasa, Samosir, dan Humbang Hasundutan masih berada dalam satu kabupaten Tapanuli Utara yang saat itu masih serba kekurangan.

Bahkan saking kekurangannya, Tapanuli Utara pernah mendapat cap “Tapanuli Peta Kemiskinan” pada tahun 1980-an karena laporan dari koran sore Harian Umum Sinar Harapan yang menuliskan wajah Kota Tapanuli yang belum pernah berubah dari era kolonial Belanda hingga masa Orde Baru.

Kemiskinan menjadi Motivasi Nikson Nababan

Kejadian itulah yang juga menginspirasi seorang musisi untuk menciptakan sebuah lagu “ Tapanuli Peta Kemiskinan” yang diciptakan dengan apik oleh Jack Marpaung. Hal itu dijadikan motivasi bagi seorang Nikson Nababan. Setelah lulus SMA di Siborongborong lalu ia melanjutkan ke Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa di Yogyakarta.

Setelah lulus, ia merantau ke Ibukota Jakarta mengharap pekerjaan yang layak. Namun, nasib tidak semulus itu, ia rela bekerja sebagai sales ketimbang menganggur. Namun, kerja kerasnya tidak sia-sia ia akhirnya berhasil menjadi wartawan di Harian media Indonesia, disinilah ia mulai berhubungan elit politik Indonesia. Setelah beberapa kali mendapat pengalaman di Ibukota, beliau akhirnya pulang ke kampung halaman serta ikut dalam pertarungan di Pilkada pada tahun 2013. Singkat cerita, Nikson Nababan terpilih menjadi Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2019

Related posts: