Pertimbangan Mendaftar Gmail

Gmail atau disebut juga dengan Google Mail merupakan layanan web based email (email berbasis web) yang disediakan oleh Google secara gratis. Sebetulnya ada layanan webmail yang juga disediakan gratis oleh Google. Namun, layanan Gmail dapat dikatakan yang banyak penggunanya. Selain daftar Gmail yang mudah, fasilitas yang diberikan juga cukup memuaskan juga tidak asing digunakan oleh khalayak.

Kelebihan dan kekurangan Gmail

Bagi anda yang baru saja akan daftar Gmail, alangkah lebih baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Keduanya ini dapat digunakan anda sebagai pertimbangan memilih webmail. Berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan Gmail.

Keunggulan:

  1. Gmail merupakan email yang multi fungsi. Jika kita memiliki akun Gmail, maka kita juga bisa login ke beberapa layanan Google yang lain seperti YouTube, Blogger. Bahkan sosial media seperti BBM, Line dan Instagram, anda juga bisa menggunakan akun Gmail anda.
  2. Memiliki kecepatan mengirim pesan yang tinggi.
  3. Memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar sehingga tidak perlu menghapus pesan-pesan diemail
  4. Dapat mengirim file atau dokumen hingga 20 MB.
  5. Setiap email yang dikirim akan di scan menggunakan antivirus AVG, jadi dapat dipastikan file bebas virus.
  6. Terdapat fasilitas pengelompokkan folder sesuai kategori abjad.

Kekurangan:

  1. Tidak terdapat menu drag dan drog. Fitur ini terdapat pada webmail Yahoo, namun Gmail tidak memilikinya. Sehingga, pengguna harus meneliti satu persatu.
  2. Fitur delete pada Gmail yang menggunakan tanda pagar (#), bukan menggunakan tombol delete pada keyboard membuat bingung pengguna.
  3. Pada Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, melainkan hanya pemberian label di masing-masing email.
  4. Scanning yang dilakukan Gmail dapat membuat email pengguna dibaca orang lain.

Itulah keunggulan dan kelemahan dari Gmail, semoga dapat digunakan anda sebagai pertimbangan daftar Gmail. Karena webmail sepeti Yahoo dan Hotmail juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sedangkan untuk tata cara membuat email Gmail di PC ataupun android, anda bisa membuka pada website o2netter.com.

Related posts: