Prosedur Tahapan Pembuatan Desain Rumah

Jasa desain rumah memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan rumah hunian. Tanpa adanya jasa desain ini maka proses pembangunan rumah belum tentu berjalan dengan lancar. Dengan hadirnya jasa ini maka menjadi solusi bagi setiap orang yang ingin memiliki rumah impian sesuai dengan keinginan. Jasa desain yang profesional tentu memiliki standar operasional prosedur dalam proses atau tahapan desain rumah tinggal.

Proses Pembuatan Desain Oleh Jasa Desain Khusus Rumah

Berikut ini merupakan ulasan tahapan secara umum dalam proses pembangunan rumah mulai dari desain hingga akhir pekerjaan. Tahap pertama adalah melakukan input data lahan dan kondisi eksisting. Hal ini sangat penting dilakukan karena dalam tahap ini bisa mengetahui seberapa luas lahan serta bagaimana kontur tanah yang akan dibangun untuk membuat lahan. Oleh karena itu dalam tahapan input data lahan serta kondisi eksisting harus dilakukan dengan sangat cermat.

Selanjutnya adalah tahapan penentuan besaran dan kebutuhan ruang. Pada dasarnya jasa desain rumah akan membantu setiap orang dalam menentukan besaran ruangan serta kebutuhan ruangan, khususnya terkait dengan ukuran dan jumlah detailnya. Menuju tahap selanjutnya yaitu zonasi dan denah. Hal ini menjadi salah satu proses desain rumah yang sangat penting karena di tahap inilah akan dibuatkan desain rumah dalam bentuk zonasi dan denah.

Apabila tahap zonasi dan denah sudah dilakukan maka tahapan selanjutnya yaitu membuat 3D eksterior. Namun perlu diketahui bahwa pada tahapan zonasi dan denah serta pembuatan 3D eksterior, biasanya akan dilakukan beberapa kali revisi hingga fix. Jika sudah fix maka menuju tahapan render gambar.

Barulah setelahnya menuju tahapan proses desain interior yang tentunya memerlukan penentuan yang sangat matang. Karena baik eksterior maupun interior memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah rumah hunian. Apabila desain interior sudah selesai, pada tahap akhir pekerjaan akan ada RAB, yaitu Rencana Anggaran Belanja. Pada RAB ini akan diperlihatkan terkait dengan kisaran anggaran yang dikeluarkan secara keseluruhan hingga akhir pekerjaan.

Itulah beberapa tahapan atau proses pembangunan rumah yang secara umum dilakukan. Dengan adanya jasa desain rumah maka tahapan tersebut akan dilakukan secara sistematis hingga proses akhir pengerjaan.

Related posts: