Risiko Dan Cara Investasi Yang Baik Dan Benar

Dalam perkembangannya, investasi saat ini telah menjadi berbagai macam bentuknya. Namun, pada dasarnya investasi ini bertujuan agar mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Banyaknya keuntungan yang kita peroleh bergantung pada strategi yang kita gunakan. Kita harus benar-benar merancang rencana dan benar-benar mempertimbangkannya dengan matang sebelum menentukan apakah akan investasi atau tidak. Salah satu investasi kekinian yang banyak dilakukan adalah investasi properti. Salah satu terobosan untuk bisa menjaga kestabilan dari keuangan agar tidak terpengaruh seperti adanya inflasi yang memang semakin meningkat. Dengan melakukan investasi ini, tentu saja kalian tidak harus bekerja dengan keras dan bersusah payah untuk mendapatkan uang lebih banyak tanpa risiko yang besar. Akan tetapi, semua ini akan kembali lagi pada strategi apa yang akan kita gunakan.

Risiko Investasi Bisa Fatal?

Setiap keputusan apapun yang kita buat pasti memiliki risiko di dalamnya. Entah itu risiko kecil ataupun besar. Untuk mengurangi adanya risiko, kita harus benar-benar cermat dalam menentukan kebijakan yang akan kita gunakan. Semakin kita memiliki strategi yang baik dan dapat mengendalikan arus investasi apapun itu, seperti investasi mata uang, saham, bahkan investasi properti, risiko yang dapat menimpa akan semakin berkurang. Nah risikonya kira-kira apa saja ya?

  • Risiko Gagal Bayar

Risiko gagal bayar adalah tidak dapatnya penyedia investasi atau perusahaan yang diinvestasikan oleh investor tidak mampu memenuhi kewajibannya untuk membayar ke investor dalam jumlah yang telah ditentukan di awal. Hal ini sangat sering terjadi, dan sebisa mungkin kita harus menghindarinya dengan menginvestasi di tempat yang terpercaya.

  • Risiko Inflasi

Inflasi adalah menurunnya nilai mata uang secara kontinu yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti konsumsi masyarakat yang meningkat serta ketersediaan barang yang melimpah. Hal ini dapat berdampak pada nilai riil atau pokok hasil investasi kita di masa depan.

  • Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas ini bisa kita asumsikan seperti jika kita memutuskan untuk investasi properti, namun property tersebut sangat sulit sekali untuk dijual kembali. Inilah yang disebut dengan rasio likuiditas. Hal ini kerap terjadi, namun lagi-lagi semua ini bergantung pada strategi apa yang kita gunakan.

Related posts: