Sejarah Nasi Tumpeng Indonesia

Membuat nasi tumpeng bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan namun bagi orang yang memiliki kesibukan pesan nasi tumpeng untuk sebuah acara merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan. Nasi tumpeng sejak dahulu sudah dikenal masyarakat sebagai sajian atau hidangan dalam berbagai acara. Nasi tumpeng berbentuk kerucut sebagai simbol Gunung Semeru dan disajikan sebagai mandala atau persembahan. Bentuk yang kerucut dari tumpeng ini berkaitan dengan gunung-gunung yang ada di alam Indonesia.

Makna Nasi Tumpeng

Jika anda memesan nasi tumpeng biasanya disajikan dengan beberapa lauk pauk yang mengelilinginya dan masing-masing lauk memiliki filosofi atau arti tersendiri. Artinya adalah sebagai berikut ;

  • Ayam

Olahan ayam sering kali digunakan sebagai menu nasi tumpeng, ayam yang digunakan biasanya ayam jago. Makna filosofi dari digunakannya ayam jago sebagai hidangan adalah penikmat nasi tumpeng ini bisa menghindari sifat buruk ayam jago yaitu angkuh, congkak, sombong dan berbagai sifat buruk lain yang diidentikkan dengan ayam jago.

  • Ikan Lele

Pada zaman dahulu, ikan yang digunakan pada sajian nasi tumpeng biasanya adalah ikan lele. Ikan lele dapat diartikan ulet dan tahan banting karena tempat hidup ikan lele yang tidak cukup memadai namun ikan lele dapat bertahan. Tidak dipungkiri saat ini menu ikan sudah banyak diganti dengan ikan jenis lain tanpa memikirkan filosofinya.

  • Ikan Teri

Hidup ikan teri yang bergerombol menjadikan ikan teri ini masuk dalam pesan nasi tumpeng. Hadirnya ikan teri dimaksudkan agar penikmat nasi tumpeng bisa hidup rukun, penuh kebersamaan dan saling membantu. Filosofi ikan teri membuat nasi tumpeng penuh dengan makna yang dalam.

  • Sayur Urab

Beraneka ragam sayur dicampurkan menjadi satu menjadi urab memiliki makna filosofi yang dalam sehingga digunakan sebagai menu nasi tumpeng.

  • Telur

Jika anda pesan nasi tumpeng, menu telur yang disajikan dalam bentuk rebusan utuh dengan kulitnya sebagai penanda semua manusia terlahir sama jadi tidak perlu saling membedakan serta melambangkan jika ingin memperoleh sesuatu harus dengan usaha dalam proses mengupas telur.

Related posts: