Tak Sekedar Diucap Dan Dikecap

rukun islam

Islam adalah agama rahmat semua alam di mana agama ini hadir dengan misi perdamaian. Bagi orang Islam, pastinya sudah tak asing lagi dengan rukun Islam atau pun rukun iman yang merupakan pilar atau fondasi utama sebuah bangunan. Jika fondasi ini tak dibangun dengan kuat, maka niscaya rumah pun tak akan berdiri dengan tegak. Begitu pula dengan agama Islam, jika tidak diawali dengan rukun, maka agamanya bisa dikatakan kosong sehingga sudah sepatutnya jika mulai belajar makna dari rukun yang lima ini secara mendalam agar tak hanya sekedar diucap dan juga dikecap.

Belajar Secara Mendalam Rukun Islam Agar Tak Sekedar Diucap Dan Dikecap

Mempelajari rukun Islam ini tak bisa dipisah-pisahkan antara rukun yang satu dengan yang lain, namun harus dilakukan secara keseluruhan agar bisa menjadi muslim yang sesuai dan juga dambaan. Pertama, adalah terkait kalimat syahadat. Kalimat ini tak hanya sebagai kalimat biasa yang setelah diucap akan hilang dengan seketika karena kalimat ini harus dimaknai secara mendalam dalam hati kita, diucapkan dalam lisan, serta diyakini sepenuhnya bahwa Allah Maha Esa dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Setelah itu, jangan lupakan juga akan sholat yang merupakan tiang agama dan juga menjadi amal pertama yang akan dihisab di akhirat nanti.

Zakat juga menjadi bagian rukun Islam yang menempati urutan atau posisi yang ketiga di mana zakat ini diwajibkan bagi orang-orang yang hartanya telah melewati batas nishab. selain itu, masih ada puasa yang menempati urutan ibadah wajib yang harus dilakukan pada saat bulan Ramadhan yang diwajibkan bagi semua muslim yang mampu. Menunaikan ibadah haji juga menjadi satu bagian yang merupakan penyempurnaan rukun pada Islam seseorang dan diwajibkan bagi muslim yang telah mampu baik secara finansial, mental, jasmani, maupun rohani. Itulah, makna rukun yang lima yang harus dikaji secara mendalam tak hanya terlontar di lisan saja namun, harus diyakini dalam hati kita serta dilakukan dengan  untuk mendapatkan Ridho-NYA.

Related posts: