Tata Cara Mandi Wajib Lengkap

Bagi masyarakat muslim yang ingin lebih mendalami bagaimana tata cara mandi wajib yang benar harus perhatian panduan kali ini. Melakukan kegiatan mandi besar tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena termasuk syarat sah shalat sehingga shalat yang dilakukan sah karena terbebas dari hadas besar dan kecil. Sebenarnya melalukan mandi besar itu bukan hal baru lagi bagi masyarakat muslim.

Tetapi supaya lebih sempurna lagi dalam melakukan mandi besar bisa mempelajari lagi tata cara mandi besar yang lengkap dan benar. Ada beberapa tahapan yang dilakukan ketika melakukan mandi besar sampai tuntas. Nah, tahapan-tahapannya ini pun harus dilakukan sesuai dengan urutan-urutannya sehingga mandi besar yang dilakukan sah.

Panduan Tata Cara Mandi Wajib Terlengkap

Tata cara mandi wajib yang benar dan lengkap adalah :

  1. Cuci tangan

Hal pertama yang dilakukan pada saat mandi besar adalah mencuci tangan terlebih dahulu. Cucilah tangan sebanyak 3 kali sebelum menggunakan tangan tersebut untuk mandi dan mengambil air untuk mengguyur tubuh.

  1. Membersihkan kemaluan

Lalu bersihkan kemaluan menggunakan tangan kiri bukan tangan kanan karena anjurannya saat membersihkan kotoran harus memakai tangan kiri. Bersihkan kemaluan bagian depan dan belakang sampai benar-benar merasa bersih.

  1. Menggosokkan tangan supaya bersih

Nah, setelah membersihkan kemaluan menggunakan tangan kemudian cucilah kembali tangan supaya bersih. Sebab dikhawatirkan di tangan masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel sehingga perlu untuk dibersihkan.

  1. Berwudhu

Selanjutnya berwudhu sebagaimana yang telah Anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari.

  1. Mengguyur kepala

Setelah itu, guyur kepala dengan air bersih sebanyak 3 kali sampai rambut dan kulit kepala benar-benar terkena air seluruhnya.

  1. Keramas

Kemudian keramas atau mencuci kepala dari bagian kanan ke bagian kiri sampai bersih sempurna.

  1. Mengguyur badan

Terakhir adalah mengguyur badan dari sisi sebelah kanan lalu dilanjutkan di bagian sebelah kiri sampai bersih dan semua bagian tubuh terkena air. Pakailah sabun dan shampo supaya wangi dan lebih bersih badannya.

Itulah beberapa tata cara melakukan mandi wajib dengan tepat.

Related posts: