Tips Meringankan Gejala Radang Tenggorokan Akut

tips kesehatanRadang tenggorokan dapat membuat tenggorokan penderita sangat sakit. Hal tersebut sangat mengganggu aktivitasnya. Gejala yang timbul saat radang tenggorokan biasanya rasa sakit pada tenggorokan, sulit menelan makanan bahkan air putih sekalipun kemudian rasa sakit akan semakin parah jika penderita banyak berbicara. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran pernapasan bagian atas. Sementara itu penyakit ini dapat dibagi dua, yaitu peradangan yang terjadi kurang dari dua minggu yang disebut radang tenggorokan akut dan peradangan yang terjadi lebih dari tiga minggu yang disebut dengan radang tenggorokan kronis. Pada radang tenggorokan akut, infeksi menyerang secara mendadak dan akan segera sembuh setelah beberapa waktu.

Bagaimana Cara Mengatasi Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan akut dapat terjadi karena seseorang terpapar substansi yang membahayakan atau karena mikroorganisme penyebab infeksi pada laring (saluran pernafasan bagian atas). Penyebab infeksi dapat dikarenakan virus atau bakteri, keduanya menimbulkan gangguan yang sama. Radang tenggorokan akut juga dapat disebabkan oleh penggunaan pita suara yang berlebihan seperti berteriak. Penyakit ini dapat juga disebabkan oleh kondisi kesehatan yang kurang, kemudian adanya polusi lingkungan, penggunaan inhaler pada penderita asma dan pada penderita gastroesophageal reflux disease (GERD). Selama mengalami radang tenggorokan akut, sebaiknya Anda mengurangi intensitas berbicara, karena berbicara terlalu sering akan menyebabkan terasa sakit sehingga sembuh lebih lama.

Bila terkena radang tenggorokan, hindari ruangan yang kering, ruangan yang kering akan membuat tenggorokan Anda terasa sakit saat bernafas, untuk itu carilah ruangan yang lembab yang akan membuat tenggorokan Anda lebih nyaman. Karena radang tenggorokan ini adalah radang tenggorokan akut, maka akan sembuh dengan sendirinya biasanya setelah tujuh hari sejak sakit tenggorokan. Maka pemberian antihistamin dan kortikosteroid sebaiknya dihindari, sebab pemberian obat ini hanya akan memberikan kesembuhan yang palsu. Hal tersebut dikhawatirkan akan terjadi radang yang lebih parah, apabila penderita terlalu banyak bicara ketika masih terjadi radang tenggorokan. Untuk memberikan rasa nyaman pada tenggorokan, Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan sepeti kelengkeng, jeruk dan kelengkeng. Jika tenggorokan masih sakit, Anda dapat rajin berkumur menggunakan air garam. Demikian informasi mengenai cara meringankan gejala radang tenggorokan akut, semoga bermanfaat.

Related posts: