Tips Perikanan Budidaya Gurami Yang Menjanjikan

cipanasfarmApakah ada yang tertarik untuk berbudidaya ikan gurami? Jika Anda tertarik, di sini ada beberapa tips perikanan yang bisa membantu menyukseskan pada saat panen nanti. Sejak dulu ikan gurami ini memang menjadi jenis ikan yang mempunyai prospek baik apabila dibudidayakan. Apa lagi ikan gurami itu banyak sekali diminati masyarakat Indonesia karena dagingnya tebal serta rasanya sedap. Dalam budidaya ikan gurami, akan ada beberapa macam hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca uraiannya berikut.

Tips Perikanan Agar Sukses Budidaya Gurami

Hal paling utama yang perlu dilakukan itu adalah, memperhatikan lokasi kolamnya. Tips perikanan yang pertama ini tidak lah sulit. Pasalnya gurami akan berkembang dengan baik apabila kolamnya terkena sinar matahari yang cukup. Ini dikarenakan gurami itu memiliki habitat asli di daerah dataran rendah, sehingga suhunya pun akan berkisar 25 sampai 28 derajat Celsius. Hal kedua yang perlu diperhatikan itu adalah memilih bibir gurami yang sehat. Gurami yang dapat dikatakan sehat itu merupakan gurami yang beratnya kurang lebih 100 gr atau umurnya satu tahun lebih. Jika memungkinkan, Anda pun harus mencari benih gurami yang lokasinya tidak jauh dari kolam milik Anda. Ini bertujuan agar gurami lebih cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selanjutnya, keringkan lah dahulu kolamnya, barulah Anda memasukkan benih gurami. Ini dilakukan dengan tujuan agar gurami tidak modal terkena serangan penyakit seperti jamur dan lain sebagainya. Pengeringan kolam dilakukan sampai 2 minggu, kemudian berikan kapur pertanian juga kurang lebihnya 200 gr per meter persegi. Kemudian Anda pun harus selalu memberikan pakan dengan kandungan protein nabati dan hewani. Protein hewani itu akan membuat ikan gurami menjadi lebih cepat besar, untuk itu setiap hari setidaknya terdapat kandungan 25 persen protein hewani dalam pakannya. Sedangkan protein nabati itu dapat Anda temukan di daun kangkung, daun talas, daun singkong serta selada air. Nah itu lah tadi 4 hal yang harus Anda perhatikan dalam budidaya ikan gurami. Jika Anda ingin mengetahui tips perikanan lainnya, bisa langsung kunjungi saja cipanasfarm.com.

Related posts: