Tips Sehat Sebelum Anda Menyantap Makanan

tips kesehatanSetiap orang pastinya membutuhkan makan setiap hari. Bahkan dianjurkan bahwa manusia harus makan tiga kali dalam sehari yaitu pagi, siang, dan malam. Makan akan memberikan tenaga pada tubuh Anda sekaligus nutrisi yang cukup sepanjang hari. Agar tubuh Anda bisa selalu sehat, makanan yang Anda santap pun harus yang bergizi. Penuhi nutrisi setiap hari dengan asupan sayur, buah, dan ikan. Hindari terlalu banyak makan junk food karena makanan tersebut sangatlah tinggi lemak dan kolesterol. Nah, agar makanan yang masuk ke perut Anda bisa selalu sehat, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum makan.

Tips yang pertama adalah berdoa terlebih dahulu. Di berbagai ajaran agama apa pun, pastinya Anda diwajibkan untuk berdoa sebelum makan. Doa merupakan bentuk rasa syukur yang Anda berikan kepada Tuhan atas nikmat yang bisa Anda dapat dari makanan tersebut. Membaca doa sebelum makan juga akan memberikan berkah tersendiri terhadap makanan yang akan Anda makan. Oleh karena, jangan pernah lupa berdoa sebelum makan. Tips yang kedua, selalu cuci tangan sebelum Anda makan. Tentunya mencuci tangan bukanlah hal yang baru untuk Anda ketahui sebelum makan. Jauh saat Anda masih berada di sekolah dasar, pengenalan pentingnya mencuci tangan tentu sudah Anda pahami.

Mencuci tangan akan membunuh bakteri dan kuman yang berada di tangan Anda. Dengan begitu, bakteri yang ada pada tangan tidak akan masuk ke dalam tubuh. Pada saat mencuci tangan, gunakanlah sabun dan juga air yang mengalir. Cuci bersih tangan Anda mulai dari telapak tangan sampai sela-sela jari. Saat ini juga ada produk hand sanitizer sehingga proses cuci tangan bisa lebih praktis. Tips yang terakhir, batasi porsi makan Anda. Menyantap makanan yang terlalu banyak justru bisa menimbulkan penyakit pada tubuh Anda. Sebaiknya makanlah dengan porsi yang wajar dan tidak terlalu berlebihan. Cukupi nutrisi makan Anda setiap hari dengan protein, vitamin, dan serat. Jadi, tadi adalah tips sehat yang harus Anda pahami sebelum menyantap makanan.

Related posts: