Langkah Perawatan Gigi Untuk Hindari Gigi Berlubang

Gigi adalah salah satu bagian penting pada tubuh mengingat fungsinya sebagai alat untuk membantu menghancurkan makanan. Jika bagian penting ini mengalami masalah seperti berlubang, tentunya akan sangat mengganggu kenikmatan saat makan atau mengunyah makanan. Oleh sebab itu, semua orang sangat wajib untuk merawat organ tubuh yang sangat penting ini. Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ yang satu ini, sehingga Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah masalah gigi berbulang cukup tinggi. Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari masalah tersebut?

Ini Dia, 5 Langkah Mudah Untuk Mencegah Gigi Berlubang

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam rangka merawat kesehatan gigi agar tidak berlubang:

  • Menyikat gigi sehabis makan. Ya, setelah selesai makan, kita memang dianjurkan untuk menggosok gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Akan lebih baik lagi jika kita membersihkannya menggunakan benang. Jika tidak memungkinkan untuk menggosok gigi sehabis makan, maka setidaknya kita selalu berkumur setelah makan.
  • Menggunakan pasta gigi yang berisi kandungan flouride. Ya, flouride merupakan sebuah senyawa asam yang dapat memberikan perlindungan pada enamel. Flouride akan membantu memperkokoh dan memperbaiki lapisan enamel, sehingga tidak akan berlubang.
  • Cara terbaik untuk terhindar dari masalah gigi berlubang adalah menghindari berbagai jenis makanan penyebab gigi berlubang. Beberapa di antaranya adalah permen, keripik, cokelat, kue manis, dll. Hal ini mengingat bahwa bakteri di dalam mulut akan menghasilkan asam yang mampu merusak bagian enamel gigi setelah kita makan makanan manis terlalu banyak.
  • Agar kesehatan gigi tetap terjaga dan terpantau dengan baik, maka jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Dengan begitu, maka berbagai masalah yang terjadi pada gigi bisa secepatnya diatasi.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat dan tidak berlubang. Cara perawatannya sangat mudah dilakukan bukan? Oleh sebab itu, jangan sampai kita malas untuk membersihkannya. Jika malas, maka kemungkinan besar kita akan merasa sakit akibat gigi yang berlubang. Jadi, yuk segera rawat gigi agar selalu sehat!

Related posts: